KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat serta salam senantiasa
tercurah kepada Rasullullah SAW karena berkah rahmat serta hidayahnya kami
dapat menyelesaikan makalah yang membahas tentang
“SARANA
DAN PRASARANA PENJAS”.
Dalam
makalah ini kami menyadari masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran
dan kritik guna perbaikan dan kesempurnaan sangat kami nantikan. Semoga makalah
ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.
Makassar, 25 Februari 2019
i
|
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB
I PENDAHULUAN 1
A.
Latar Belakang 1
B.
Rumusan Masalah 1
C.
Tujuan 2
D.
Manfaat 2
BAB II PEMBAHASAN 3
A.
Hakikat Sarana dan
Prasarana Penjas 3
B.
Tujuan Sarana dan
Prasarana Penjas 7
C.
Fungsi Sarana dan
Prasarana Penjas 8
BAB III PENUTUP 9
A.
Kesimpulan
9
B.
Saran 9
DAFTAR
PUSTAKA 10
BIODATA 11
ii
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Sarana prasarana secara umum banyak
diartikan menurut beberapa sumber. Sarana adalah perlengkapan yang dapat
dipindah-pindahkan untuk mendukung fungsi kegiatan dan satuan pendidikan, yang
meliputi : peralatan, perabotan, media pendidikan dan buku (Internet menurut
Asep). Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai
makana dan tujuan.
Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama
terselenggaranya suatu proses(Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sarana prasarana
adalah alat secara fisik untuk menyampaikan isi pembelajaran (Sagne dan Brigs
dalam Latuheru, 1988:13). Dari berbagai definisi menurut para ahli dapat
diartikan bahwa sarana prasarana adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari
segala bentuk jenis bangunan/tanpa bangunan beserta dengan perlengkapannya dan
memenuhi persyaratan untuk pelaksanaan kegiatan.
Sarana prasarana olah raga adalah suatu bentuk permanen, baik itu
ruangan di luar maupun di dalam. Contoh : cymnasium, lapangan permainan, kolam
renang, dsb. (Wirjasanto 1984:154). Pengertian sarana prasarana tidak seperti
yang di atas, namun ada beberapa pengertian lain menurut sumber yang berbeda
pula.
Sarana prasarana olah raga adalah semua
sarana prasarana olah raga yang meliputi semua lapangan dan bangunan olah raga
beserta perkengkapannya untuk melaksanakan program kegiatan olahraga (Seminar
Prasarana OlahRaga Untuk Sekolah dan Hubungannya dengan Lingkungan (1978).
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan
di bahas dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Apakah hakikat sarana dan prasarana penjas?
1
|
2.
Apa tujuan sarana dan prasarana penjas?
2
|
3. Apa
fungsi sarana dan prasarana penjas?
C. Tujuan
Adapun tujuan-tujuan yang ingin
dicapai dalam pembuatan makalah ini, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahui hakikat sarana dan prasarana penjas
2. Untuk
mengetahui tujuan sarana dan prasarana penjas
3. Untuk
mengetahui fungsi sarana dan prasarana penjas
D. Manfaat
1. Untuk
mengetahui seperti apa sarana dan prasarana pendidikan jasmani
2. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi
dari sarana dan prasaranapendidikan jasmani
3. Menambah wawasan tentang pendidikan
jasmani
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Hakikat
Sarana dan Prasarana Penjas
1.
Sarana penjas
Istilah sarana mengandung arti sesuatu
yang dapat digunakan atau dapat dimanfaatkan.Sarana pendidikan jasmani ialah
segala sesuatu yang dapat digunakan atau dimanfaatkan di dalam pembelajaran
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Demikian juga dengan prasarana
yaitu segala sesuatu fasilitas yang melengkapi kebutuhan sarana yang dimiliki
sifat permanen atau tidak dapat dipindahkan. Hal ini senada dengan yang
dikemukakan oleh Agus S. Suryobroto (2004: 4), sarana atau alat adalah segala
sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan, yang mudah dibawa, dan dapat dipindahkan oleh pelakunya atau siswa.
Sedangkan prasarana atau fasilitas adalah sesuatu yang diperlukan dalam
pembelajaran pendidikan jasmani, bersifat permanen atau tidak dapat di
pindah-pindahkan.
Menurut Soepartono (1999: 5-6), sarana
olahraga adalah sesuatu yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam
pelaksanaan atau dimanfaatkan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga atau
pendidikan jasmani. Sedangkan secara umum prasarana berarti segala sesuatu yang
merupakan penunjang yang mempermudah atau memperlancar proses pembelajaran dan
memiliki sifat yang relatif permanen. Salah satu sifat tersebut adalah susah
dipindahkan.
Menurut Soepartono (2000: 6), sarana
pendidikan jasmani merupakan terjemahan dari “Facilitie”, sesuatu yang
dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga atau
pendidikan jasmani. Sarana olahraga dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu
a. Peralatan (apparatus)
Peralatan adalah sesuatu yang
digunakan, contoh : palang tunggal, palang sejajar, gelang-gelang, dan
lain-lain.
2.
Perlengkapan (device)
3
|
4
|
Berdasarkan pendapat para ahli diatas
dapat disimpulkan bahwa sarana adalah alat olahraga yang digunakan untuk
kelancaran pembelajaran pendidikan jasmaniolahraga dan kesehatan, mudah
dipindah-pindahkan, harga lebih murah, dan dapat dimodifikasi sesuai dengan
kebutuhan dan kemampuan siswa, dan membantu pencapaian tujuan pendidikan
jasmani.
3.
Hakikat Prasarana
Penjas
Secara umum prasarana berarti segala
sesuatu yang merupakan penunjang terselenggaranya suatu proses (usaha atau
pembangunan). Menurut Agus S. Suryobroto (2004: 4), prasarana atau perkakas
adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan, mudah dipindah tetapi berat. Contoh: Matras, peti
lompat, meja tenis meja, trampolin, dan lain-lain. Menurut Soepartono (2000:
4), prasarana atau fasilitas adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam
pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, bersifat permanen atau
tidak dapat dipindah-pindahkan. Contoh: Lapangan (sepakbola, bolavoli, bola
basket, kasti, tenis lapangan dll). Fasilitas harus memenuhi standar minimal
untuk pembelajaran, antara lain ukuran sesuai dengan kebutuhan, bersih, terang,
pergantian udara lancar, dan tidak membahayakan pengguna. Dalam olahraga
prasarana didefinisikan sebagai sesuatu yang mempermudah atau memperlancar
tugas dan memiliki sifat yang relatif permanen. Salah satu sifat tersebut
adalah susah dipindahkan.
Berdasarkan definisi tersebut dapat
disebutkan beberapa contoh prasarana perkakas pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan adalah: Matras, peti lompat, meja tenis meja, trampolin, dan
lain-lain. Sedangkan beberapa contoh prasarana fasilitas pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan adalah lapangan tenis, lapangan bola basket, gedung
olahraga, lapangan sepakbola, stadion atletik, dan lain-lain.Gedung olahraga
merupakan prasarana berfungsi serba guna yang secara berganti-ganti dapat
digunakan untuk pertandingan beberapa cabang olahraga.Gedung olahraga dapat
digunakan sebagai prasarana pertandingan bolavoli, prasarana olahraga
bulutangkis dan lain-lain.Sedang stadion atletik di dalamnya lapangan lompat
jauh, lapangan lempar cakram, lintasan lari dan lain lain.
5
|
Menurut Agus S. Suryobroto (2004:
16), persyaratan sarana prasarana pendidikan jasmani adalah :
a) Aman,
aman merupakan syarat paling utama yaitu sarana dan prasarana pendidikan
jasmani harus terhindar dari unsur bahaya.
b) Mudah
dan murah, sarana dan prasarana pendidikan jasmani mudah
didapat/disiapkan/diadakan dan jika membeli tidak mahal harganya, tetapi juga
tidak mudah rusak.
c) Menarik,
sarana dan prasarana pendidikan jasmani dapat menarik perhatian siswa sehingga
siswa merasa senang dalam penggunaannya.
d) Memacu
untuk bergerak, dengan adanya sarana dan prasarana tersebut maka siswa terpacu
untuk bergerak.
e) Sesuai
dengan kebutuhan, dalam penyediaannya seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan
ataupun penggunaannya. Siswa SD berbeda dengan siswa SMP, siswa SMP berbeda
dengan siswa SMA dan seterusnya. Misalnya, bola sepak untuk siswa SD mestinya
akan cenderung lebih empukdan ringan dibandingkan dengan bola sepak untuk siswa
SMP atau SMA.
f) Sesuai
dengan tujuan, jika sarana dan prasarana digunakan untuk mengukur keseimbangan
maka akan berkaitan dengan lebar tumpuan dan tinggi tumpuan.
g)
Tidak mudah rusak, sarana dan prasarana tidak mudah
rusak meskipun harganya murah.
6
|
h) Sesuai
dengan lingkungan, sarana dan prasarana pendidikan jasmani hendaknya
disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah, misalnya, sarana dan
prasarana yang cocok untuk lapangan lunaktetapi digunakan untuk lapangan keras,
jelas hal ini tidak cocok.
Menurut Nadisah (1992: 56), prasarana dan
sarana yang memadai jumlah dan jenisnya diasumsikan akan berperan banyak dalam
pembelajaran pendidikan jasmani. Sarana dan prasarana pendidikan jasmani
diperlukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah merupakan hal yang
vital, karena tanpa ada sarana dan prasarana menjadikan pembelajaran tidak
berjalan dengan efektif dan efisien. Banyak faktor yang mempengaruhi
pembelajaran itu dapat tercapai, seperti yang dikemukakan oleh Agus S.
Suryobroto (2004: 1), bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dapat berjalan
dengan sukses dan lancar sangat ditentukan oleh beberapa unsur antara lain:
guru, siswa, kurikulum, sarana dan prasarana, tujuan, metode, lingkungan yang
mendukung, dan penilaian unsur yang paling menentukan keberhasilan pembelajaran
pendidikan jasmani adalah guru. Akan tetapi lebih sukses apabila didukung oleh
unsur yang lain seperti tersebut diatas. Sarana dan prasarana pendidikan
jasmani merupakan salah satu unsur penunjang keberhasilan pembelajaran
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, dan merupakan unsur yang menjadi
masalah dimana-mana, khususnya di Indonesia.Tanpa tersedianya prasarana dan
sarana yang memadai dapat mengurangi derajat ketercapaian tujuan
pembelajaran.Tujuan diadakannya sarana dan prasarana adalah untuk memberikan
kemudahan dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, dan
memungkinkan pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas
prasarana adalah segala jenis bangunan atau tempat yang digunakan dalam proses
pembelajaran pendidikan jasmani atau untuk aktivitas olahraga yang tidak dapat
dipindah-pindahkan dan pemakaiannya bisa dalam jangka waktu yang lama. Hal
ini yang menimbulkan tuntutan bagi sekolah untuk mengusahakan pengadaan
sarana dan prasarana pendidikan jasmani serta keterampilan bagi guru pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan dalam mengelola sarana dan
prasarana yang tersedia menjadi lebih menarik dan sesuai dalam proses
pembelajarannya.
7
|
B. Tujuan
Sarana dan Prasarana Penjas
Menurut Agus S. Suryobroto
(2004: 46), sarana dan prasarana pendidikan jasmani bertujuan
untuk:
1) Memperlancar
jalannya pembelajaran. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan jasmani
dapat berjalan dengan lancar, sehingga siswa tidak perlu antri atau menunggu
siswa lain dalam melakukan aktivitas.
2) Memudahkan
gerakan. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang memadai
akan memperlancar siswa dalam mealakukan aktivitas.
3) Mempersulitt
gerakan. Maksudnya siswa akan lebih senang dalam melakukan aktivitas gerakan
tanpa alat akan lebih senang dan mudah bila dibandingkan dengan menggunakan
alat.
4) Memacu
siswa dalam bergerak. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan jasmani
yang lengkap maka akan memacu siswa dalam melakukan aktivitas olahraga dengan
menggunakan alat.
5) Kelangsungan
aktivitas, kerena jika tidak ada maka tidak akan jalan. Misalnya siswa akan
bermain sepakbola tanpa adanya lapangan dan bola maka permainan sepakbola tidak
akan berjalan.
6) Menjadikan
siswa tidak takut melakukan gerakan atau aktivitas. Maksudnya agar siswa tidak
ragu-ragu lagi melakukan aktivitas pendidika jasmani.
Dengan demikinan dapat
dinyatakan bahwa pendidikan jasmani tidak dapat dilaksanakan atau akan
terhambat bila tidak memiliki sarana, prasarana, dan fasilitasyang memadai.
Untuk memperlancar proses pembelajaran pendidikan jasmani, sekolah sangat
membutuhkan sarana, prasarana, dan fasilitasyang memnuhi syarat, terutama pada
saat praktik di lapangan baik jumlah ataupun kondisinya yang baik. Dari
pendapat ahli di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sarana, prasarana dan
fasilitas pendidikan jasmani sangat vital keberadaanya, karena tanpa adanya
sarana dan prasarana menjadikan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan
efektif dan efesien, sehingga tujuan pembelajaran pendidikan jasmani tidak akan
tercapai.
8
|
C. Fungsi
Sarana dan Prasarana Penjas
Sarana dan prasarana olahraga merupakan
modal utama dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga, melalui peningkatan
ketersediaan fasilitas olahraga yang berkualitas baik dan memadai dalam artian
harus di sesuaikan dengan standart keutuhan ruang perorangan.
Sarana dan prasarana olahraga adalah daya pendukung yang terdiri dari
segala bentuk jenis peralatan dan tempat berbentuk bangunan yang di gunakan
dalam memenuhi prasaratan yang di tetapkan untuk pelaksanaan program olahraga.
Fungsi sarana dan prasarana olahraga adalah sebagai pendukung pelaksanan
suatu kegiatan terutama dalam pengajaran olahraga. Manfaat sarana dan prasarana
olahraga adalah dapat meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemakaian alat dan
tempat olahraga dengan benar.
Fungsi prasarana beserta sarananya adalah
sebagai lokasi atau tempat dalam bisnis maupun aktivitas olahraga.Sehingga
akan saling mendukung dengan adanya tempat dan juga perlengkapan beraktivitas.
Selain itu sarana dan prasarana yang berkualitas baik juga berperan
penting dalam keselamatan penggunanya, sehingga dapat mengurangi faktor cidera
dalam pelaksanaan kegiatan yang menggunakan sarana dan prasarana tersebut.
Jadi fungsi dari sarana dan prasarana
menurut kelompok kami yakni dapat disimpulkan sebagai alat pendukung dan
membantu kelancaran terlaksananya suatu kegiatan jasmani, dengan demikian akan
terwujudnya suatu kegiatan jasmani yang berkualitas bila didukung oleh
prasarana yang juga berkualitas baik.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
·
Sarana adalah
perlengkapan yang dapat dipindah-pindahkan untuk mendukung fungsi kegiatan dan satuan pendidikan yang
meliputi perlatan, perabotan, dan buku.
·
Prasarana adalah segala
sesuatu yang menjadi penunjang utama terselenggarnaya suatu proses. Contohnya
lapangan bulu tangkis, lapangan basket dan lain-lain. Fungsi sarana dan
prasarana olahraga adalah sebagai pendukung pelaksanan suatu kegiatan terutama
dalam pengajaran olahraga. Manfaat sarana dan prasarana olahraga adalah dapat
meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemakaian alat dan tempat olahraga
dengan benar
·
Fungsi sarana dan
prasarana olahraga adalah sebagai pendukung pelaksanan suatu kegiatan terutama
dalam pengajaran olahraga. Manfaat sarana dan prasarana olahraga adalah dapat
meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemakaian alat dan tempat olahraga
dengan benar.
B. Saran
Sarana dan prasarana penjas merupakan hal
yang sangat menunjang tercapainya suatu tujuan dalam melakukan olahraga,jadi
sangat penting ketersediaan sarana dan prasarana dalam melakukan aktifitas
fisik maupun non fisik.
9
|
DAFTAR
PUSTAKA
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta
: PT BUMIKARSA.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. 2007. Bandung : Remaja
Rosda Karya.
Soepardi,Imam. 1988. Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan.
Jember : FKIP Universitas Jember
Natawijaya, Rochman.1981. Ilmu Keguruan Pendidikan Nasional.
Jakarta : PT New Aqua Press.
Burhanuddin, Yusak.2005. Administrasi Pendidikan. Bandung :
CV.Pustaka Setia
(Kumpulan Makalah Manajemen OlahRaga :38) (http://rosy46nelli.wordpress.com/2009/12/15/sarana-prasarana-olahraga/). Di akses
2018-03-04
10
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar